Siapkan Kader-Kader Pemilu, KPU Gianyar Gelar Kursus Pemilu 2019

  • 19 Desember 2018
  • 00:00 WITA
  • Dibaca : 316 Pengunjung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar menggelar kursus kepemiluan dalam rangka  meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, bertempat di Kantor KPU Gianyar, Jl. Jata Gianyar pada tanggal 14 dan 15 Desember 2018.  Kursus ini melibatkan puluhan peserta dimana yang terdiri dari siswa-siswi SMA/SMK se Kabupaten Gianyar serta pemilih dari segmen organisasi perempuan.

Selaku narasumber yaitu Anggota KPU Gianyar Divisi Teknis Pemilu, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti di hari pertama, dan Ketua KPU Gianyar sekaligus Divisi Hukum dan Pengawasan, I Putu Agus Tirta Suguna, di hari kedua.

Menurut Agus Tirta Suguna, setelah para peserta mengikuti kursus kepemiluan mereka menjadi ujung tombak KPU dalam mendongkrak angka partisipasi pemilih di masing-masing wilayah. “Kursus pemilu sebagai langka awal untuk memberikan pengetahuan tentang kepemiluan dan mendorong paristipatif anak muda terlibat aktif dalam proses pemilu," jelasnya. Nantinya diharapkan peserta yang telah ikut kursus akan menjadi agen penyebarluas informasi Pemilu ke tengah-tengah masyarakat, membantu KPU mengedukasi, mendapatkan pengetahuan tentang validasi data dan proses akuratnya, pengetahuan pengawasan partisipatif untuk setiap tahapan yang rawan. 

Terkait tujuan Kursus Pemilu, anggota Divisi Teknis Pemilu Reika Chrisyanti menambahkan disamping untuk peningkatan angka partisipasi pemilih juga lebih kepada kuantitas dan kualitas demokrasi. "Artinya, masyarakat tidak sekadar memilih kepada pasangan calon, tapi lebih kepada gerakan sadar menggunakan hak pilihnya," ujarnya. Terlebih lagi mengingat Pemilu pada April 2019 mendatang dilakukan secara serentak, yakni Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), KPU beharap para peserta dapat menjadi kader-kader Pemilu masa depan yang dapat memberikan peran aktifnya sebagai penyebar informasi yang berkaitan dengan pemilu , ataupun turut berperan sebagai petugas pelaksana Pemilu di tingkat desa dan kecamatan. (kr)

Komentar