Baca Berita

Rekap Suara di PPK Penentu Kualitas Pilkada, KPU Gianyar Gencarkan Bimtek Bagi Staf

Oleh : | 15 Maret 2017 | Dibaca : 154 Pengunjung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar kembali melaksanakan pemaparan materi teknis pemilihan kepala daerah (Pilkada)  kepada para staf sekretariat, Kamis, (15/3/2017) bertempat di ruang rapat KPU Gianyar. Kali ini materi yang disampaikan adalah mekanisme  rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan yang dibawakan oleh komisioner KPU Gianyar divisi Teknis Pemilu, Putu Agus Tirta Suguna, diikuti oleh seluruh staf PNS dan tenaga kontrak.

Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan, kata Agus Tirta Suguna, merupakan rangkaian tahapan yang tidak kalah pentingnya dalam Penyelenggaran Pilkada, karena merupakan tahapan selanjutnya dari perjalanan penghitungan suara setelah ditingkat TPS (sebelumnya terdapat pleno ditingkat desa, namun sekarang dihilangkan. Rekapitulasi yang dilaksanakan di tingkat kecamatan dilakukan dengan 2 (dua) tahap yakni: 1. Rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam satu wilayah desa; 2. Rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam satu wilayah kecamatan.

Rekap di tingkat PPK, lanjut Agus, merupakan salah satu kunci keberhasilan rekapitulasi suara berjenjang yang nantinya akan bermuara di KPU Kabupaten  untuk Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Gianyar serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang dilaksanakan berbarengan nanti pada tahun 2018.“Mengingat proses rekapitulasi suara merupakan hal yang paling penting dalam sebuah pemilihan,  dalam rangka meminimalkan terjadinya kesalahan saat proses rekapitulasi suara pada pemilihan Pilkada 2018, maka pemaparan materi ini perlu sekali untuk diadakan bagi staf terutama nanti dalam pelaksanaan bimtek (bimbingan teknis) untuk panitia ad-hoc. Pasalnya, penghitungan suara ini bisa menimbulkan konflik jika para penyelenggara kurang paham regulasi”. imbuhnya. Sedangkan rekapitulasi tingkat kabupaten/kota yang merupakan  tingkat terakhir dari perjalanan suara, mekanisme penghitungan suaranya sama dengan tingkat sebelumnya yaitu dilakukan dalam sebuah rapat Pleno terbuka dihadapan stake holder. Hasil rekapitulasi tingkat kabupaten tertulis dalam formulir DB, form DB ini menjadi dasar penentuan siapa yang mendapatkan perolehan suara terbanyak dan sebagai pemenang dalam Pilkada.

Pemaparan teknis mengenai Rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan dan Kabupaten diakhiri dengan diskusi mengenai langkah-langkah dan strategi dalam pelaksanaan Pilkada 2018 nanti, agar rekapitulasi tidak terlalu memakan waktu mengingat dilaksanakannya dua pemilihan sekaligus. (Kr).


Oleh : | 15 Maret 2017 | Dibaca : 154 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter