Baca Berita

KPU Kabupaten Gianyar, Laksanakan Uji Publik Terhadap Penataan Daerah Pemilih dan Jumlah Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Dalam Pemilihan Legislatif 2019

Oleh : | 10 Februari 2018 | Dibaca : 381 Pengunjung

www.kpu-gianyarkab.go.id, I Gianyar
KPU Kabupaten Gianyar, Sabtu, 10 Februari 2018 di Lebih, Kabupaten Gianyar laksanakan uji publik terhadap penataan daerah pemilih dan jumlah alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten dalam pemilihan legislatif tahun 2019. Yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gde Putra, SH, MH, dalam kesempatan tersebut Divisi Teknis Peyelenggaraan KPU Kabupaten Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna menyampaikan, kegiatan ini berkaitan dengan pelaksanaan rancangan daerah pemilihan yang akan diusulkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Bali. Atau yang berkaitan dengan rancangan pengusulan dari pada daerah pemilihan yang nantinya akan ditetapkan oleh KPU RI.
 
"Dalam kegitan yang kita lakukan ini, telah banyak masukan yang disampaikan. Baik itu berupa saran dan usul kepada kita di KPU Kabupaten Gianyar berkaitan dengan rencana daerah pemilihan," jelasnya.
 
Selanjutnya disampaikan, dari usul-usul yang telah disampaikan tersebut. Maka diambil proses keputusan, jadi kita di Kabupaten Gianyar akan mengajukan dua rancangan daerah pemilihan antara lain, terkait rancangan daerah pemilihan untuk lima daerah pemilihan. Selanjutnya rancangan daerah pemilihan untuk tujuh daerah pemilihan. Sedangkan terkait dengan lima daerah pemilihan, jadi mengacu dari peraturan KPU, yaitu PKPU No 16 tentang penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten Kota dalam pemilihan umum. 
 
"Prinsip-prinsip yang tertuang dalam tujuh prinsip tersebut sudah diakomodir, dengan proses dari pada mekanisme perencanaan lima daerah pemilihan," ujarnya.
 
Akan tetapi menurut dirinya, masukan-masukan yang sebagian besar dari partai Politik di Gianyar berkeinginan agar, mekanisme nanti untuk perencanaan daerah pemilihan agar dapat dilakukan pemecahan daerah pemilihan. Yaitu, agar menjadi tujuh daerah pemilihan. Karena Parpol berasumsi, bahwa sesuai dengan UU No 7 tahun 2017 Parpol menginginkan agar minimal untuk kursi DPRD Kabupaten minimal 3 dan maksimal 7.
 
"Jadi asumsi tersebut yang akan dipergunakan oleh Parpol, agar dilakukan dari pada proses-proses pemisahan daerah pemilihan nantinya," katanya.
 
Dilanjutkan, terkait dengan hal tersebut KPU Kabupaten Gianyar, menampung semua saran masukan, dan kesepakatan kita bersama. Sehingga, nantinya akan dilakukan rapat pleno berkaitan dengan dua daerah pemilihan yang akan KPU Kabupaten Gianyar diusulkan ke pusat.
 
 
"Nanti, yang mana akan ditetapkan KPU RI menjadi ranah KPU RI. Yang nanti akan dipresentasikan oleh KPU Provinsi, berkaitan dengan usulan rancangan daerah pemilihan di KPU Kabupaten Gianyar. Maka, kami mengajukan dua usulan rancangan daerah pemilihan. Lima daerah pemilihan yang merupakan berkesinambungan dengan daerah pemilihan 2014. Yang selanjutnya, tujuh yang merupakan daerah pemilihan aspirasi dari pada masing-masing partai Politik maupun tokoh masyarakat didalam rapat yang telah KPU Kabupaten Gianyar lakukan, paparnya.
 
Agus Tirta Suguna berharap, pada intinya kita sebagai peyelenggara berharap apapun keputusan yang ditetapkan oleh KPU RI berkaitan dengan daerah pemilihan itulah yang terbaik, yang akan kita laksanakan. Kita sebagai pelaksana dijajaran di KPU Kabupaten Gianyar juga berharap kepada seluruh komponen masyarakat dan tokoh masyarakat serta tokoh Politik di KPU Kabupaten Gianyar agar bisa memahami dan mengerti dengan penetapan oleh KPU RI.
 
"Tentu tidak semua rancangan bisa disetujui tentu juga tidak semua rancangan. Dapat ditetapkan oleh KPU RI, tentunya salah satu dari rancangan yang kita usulkan nantinya akan ditetapkan oleh KPU RI. Apa yang menjadi landasan UU dan apa yang menjadi tujuan yang dituangkan kedalam peraturan KPU oleh KPU RI. itu menjadi sub subtansi manakala mereka akan melakukan penetapan daerah pemilihan.
 
Masih dalam waktu dan kesempatan yang sama Ketua KPU Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gde Putra, SH, MH menyampaikan juga, pelaksanaan  uji publik dan tangapan terhadap penataan daerah pemilih dan jumlah alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten dalam pemilihan legislatif tahun 2019. Dengan melibatkan seluruh Partai Politik peserta Pemilu 2019 dan tokoh-tokoh terkait di Kabupaten Gianyar. Agar bisa nantinya membahas secara bersama-sama, terkait dengan pembagian alokasi kursi serta penataan daerah pemilihan. 
 
"Tentunya pertimbangan-pertimbangan baik itu terkait kesetaraan dan keadilan itu juga mempertimbangkan dari pada DAK 2 yang telah disampaikan, oleh Mendagri itu menjadi pertimbangan untuk nantinya dibahas bersama untuk nantinya kita sampaikan ke KPU RI. Tentu terkait keputusan nantinya, KPU RI yang akan menentukan," ucapnya.
 
Sembari Agung Gde Putra juga berharap, pihak terkait yang hadir dalam kesempatan ini, agar bisa memberi masukan dan saran. Baik itu dari letak geografis, kehadiran, kesetaraan maupun efisiensi.
 
 
Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Devisi Perencanaan Keuangan, Logistik, Umum, Rumah Tangga dan Organisasi KPU Kabupaten Gianyar, Ngakan Nyoman Oka Sudaryana, SH, Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Gianyar, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti, SE, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilihan dan Pengembangan SDM KPU Kabupaten Gianyar.A.A. Istri Agung Darmawati, S. Sos, Sekretaris KPU Gianyar, Pande Putu Sunarta, SH, MM, Kasubag Hukum KPU Kabupaten Gianyar, Drs. I Nyoman Antara, MM, Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas KPU Kabupaten Gianyar I Wayan Nopi Suryanto, SH, Kasubag Program dan Data KPU Kabupaten Gianyar I Wayan Arka Mambal, SP, Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten Gianyar, Dra. Melgia Carolina Van Harling, MAP serta staf sekretariat KPU Kabupaten Gianyar. Selain itu dihadiri  juga oleh, Dinas Dukcapil Kabupaten Gianyar, Kesbangpol Kabupaten Gianyar, fraksi DPRD Kabupaten Gianyar, Panwas Kabupaten Gianyar, MMDP Kabupaten Gianyar, FKUB Kabupaten Gianyar, Forum Kepala Desa, Lurah, Prebekel Kabupaten Gianyar, Perwakilan Parpol calon peserta Pemilu 2019, dan anggota Pokja penataan Dapil dan penyusunan alokasi kursi pemilu 2019, Sabtu, 10 Februari 2018 di Desa Lebih, Kabupaten Gianyar. [aga/mc]


Oleh : | 10 Februari 2018 | Dibaca : 381 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 




Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter