Webinar DP3 Seri 5

  • 08 Oktober 2021
  • 22:55 WITA
berita_210810101051_WebinarDP3Seri5.jpeg

Webinar DP3 Seri 5, Teknik dan metode identifikasi berita Hoax dalam Pemilihan dan Pemilu
Berdasarkan data survey Tahun 2020, terdapat masyarakat yang terpapar hoax terkait isu politik cukup mendominasi  khususnya dalam  konten informasi pemilu atau kepemiluan yang mencapai 67,2 persen, sehingga untuk penyelenggaraan pemilu dan pemilihan 2024  mendatang tentu akan menjadi atensi semua pihak. Komisi Pemilihan Umum melalui program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) akan mendorong masyarakat Indonesia secara umum untuk meningkatkan pemahamannya tentang hoax, di mulai dari pedesaan agar memahami dan dapat mengidentifikasi berita hoax lebih  baik dan komprehensif. Demikian disampaikan oleh Anggota KPU RI  Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi  pada pembukaan Webinar Seri 5 Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang bertemakan Teknik dan metode identifikasi berita Hoax dalam Pemilihan dan Pemilu, digelar secara virtual (8/10). 
Pada acara yang dihadiri oleh jajaran KPU se Indonesia serta berbagai unsur lainnya, Ketua KPU RI Ilham Saputra dalam sambutanya menyampaikan DP3 merupakan program jangka panjang yang bertujuan untuk membentuk kader pemilu sehingga mampu berperan aktif  dalam proses pengawasan, dalam proses sebagai petugas penyelenggara serta menjadikan masyarakat lebih aktif berperan untuk mensukseskan penyelenggaraan tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024.


Webinar menghadirkan narasumber yang terdiri dari unsur akademisi UGM Abdul Gaffar Karim, praktisi Kode Inisiatif Violla Reininda, Praktisi Jurnalis Indonesia Sasmito serta unsur kepolisian KBP. Rizki Agung Prakoso. Webinar seri ke-5  kali ini diikuti oleh komisioner KPU Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas Komang Endra Gunawan, Divisi Hukum dan Pengawasan I Wayan Mura, Sekretaris I Nyoman Antara serta Kasubbag Teknis Dan Hupmas KPU Kabupaten Gianyar. (Pik)

Komentar