KPU Gianyar Gelar Rapat Rancangan Kebutuhan Biaya (RKB) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar Tahun 2024

  • 13 Oktober 2021
  • 22:30 WITA
berita_211410111033_KPUGianyarGelarRapatRancanganKebutuhanBiaya(RKB)PemilihanBupatidanWakilBupatiGianyarTahun2024.jpeg

Menjelang bergulirnya tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, Jajaran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar kembali melaksanakan rapat pencermatan dan finalisasi Rancangan Kebutuhan Biaya (RKB)  Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Gianyar Tahun 2024.

Rapat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan berlangsung selama dua hari dan berakhir pada hari ini, Rabu (13/10) bertempat di ruang rapat KPU Kabupaten Gianyar. Pada kesempatan rapat di hari kedua ini juga dihadiri oleh I Gede John Darmawan, Anggota KPU Provinsi Bali Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas disamping Ketua dan Anggota KPU kabupaten Gianyar, Sekretaris, Kasubag serta staf KPU Kabupaten Gianyar. John Darmawan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dalam waktu dekat sebagai langkah persiapan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, KPU Provinsi Bali akan menggelar Rapat Pimpinan untuk melakukan konsolidasi, rekomendasi serta evaluasi persiapan penyelenggara pemilu untuk melaksanakan tahapan Pemilu dan pemilihan 2024 mendatang. KPU Bali juga akan melakukan sinkronisasi rancangan anggaran (RKB) antara KPU Provinsi Bali dengan 9 (sembilan) KPU Kabupaten/Kota sebelum RKB tersebut disampaikan kepada Pemerintah Daerah sebagai permohonan hibah pemilihan.
Pada kesempatan yang sama John Darmawan juga melakukan pencermatan dan memberikan masukan terhadap Rancangan Kebutuhan Biaya (RKB) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar pada beberapa kegiatan tahapan pemilihan sehingga menjadi lebih rasional, efektif serta efisien mengingat kondisi keuangan daerah yang masih dalam proses pemulihan akibat pandemi Covid-19.

Dari hasil rapat tersebut, menurut Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna sementara pencermatan Rancangan Kebutuhan Biaya (RKB) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar mencapai 41 milyar lebih. Jumlah  tersebut  dengan perhitungan apabila pemilihan Bupati Gianyar di biayai secara mandiri tanpa dilakukan sharing anggaran dengan pemilihan Gubernur Bali. Tetapi jika nantinya terdapat sharing anggaran dengan pemilihan Gubernur Bali jumlah 41 milyar tersebut tentu akan  berkurang sesuai jenis item tahapan yang dapat dibiayai secara bersama – sama. (Yi/Pik)

Komentar