Sharing of Experience Penggunaan Sirekap pada Pemilihan Tahun 2020 sesi II

  • 14 Oktober 2021
  • 20:40 WITA
berita_211410101052_SharingofExperiencePenggunaanSirekappadaPemilihanTahun2020sesiII.jpeg

KPU KABUPATEN GIANYAR (14/10/2021). Komisioner KPU Kabupaten Gianyar, Kasubbag Teknis serta Operator Sirekap bersama dengan Komisioner KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota  beserta jajarannya se Indonesia mengikuti acara Sharing of Experience Penggunaan Sirekap pada Pemilihan Tahun 2020 sesi II yang digelar oleh KPU RI secara daring (14/10).
Acara yang dibuka oleh Anggota KPU RI Arief Budiman dalam sambutannya menyampaikan Penggunaan teknologi informasi dalam penyelenggaraan Pemilu sudah berlangsung sejak Pemilu Tahun 2004. Kemudian penggunaan teknologi informasi tersebut dengan metode dan teknisnya semakin berkembang dari pemilu ke pemilu kearah yang  semakin baik  sesuai dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Arif Budiman menjelaskan penggunaan teknologi informasi tersebut merupakan bagian dari tuntutan dalam mewujudkan penyelenggaraan  pemilu yang semakin transparan dan akuntabel serta penyampaian informasi yang semakin cepat terpublikasikan kepada masyarakat.
Acara yang dipandu oleh Kepala Biro Teknis KPU RI, Melgia C. Van Harling meghadirkan narasumber dari KPU Kabupaten Ogan Ilir Robby Ardiyansah, KPU kabupaten Kendal serta KPU Kota Tidore Kepulaun Abdulharis Doa. Setiap narasumber memaparkan permasalahan yang dialami dan strategi yang dilakukan dalam pengoperasian dan penerapan Aplikasi Sirekap pada Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 sehingga dapat diselesaikan secara tepat waktu sesuai tahapan. Dari sesi Tanya jawab  diungkapkan permasalahan yang terjadi diantaranya karena letak geografis kepulauan, permasalahan jaringan internet dan aplikasi serta mengelola SDM penyelenggara pemilu (badan adhoc) dengan wilayah dan jumlah TPS yang besar. (Pik)

Komentar