Workshop Pengendalian Gratifikasi serta Identifikasi dan Pencegahan Benturan Kepentingan

  • 08 November 2021
  • 20:05 WITA
berita_210911031129_WorkshopPengendalianGratifikasisertaIdentifikasidanPencegahanBenturanKepentingan.jpeg

KPU Kabupaten Gianyar menghadiri undangan dari KPU Provinsi Bali dalam acara Workshop Pengendalian Gratifikasi serta Identifikasi dan Pencegahan Benturan Kepentingan yang diselenggarakan secara daring pada Senin (8/11/2021). 

Dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Agung Lidartawan, rapat yang menghadirkan seluruh Komisioner, Sekretaris, dan Kasubbag  KPU Provinsi Bali dan KPU Kabupaten/Kota se-Bali ini bertujuan untuk menjaga kinerja dari seluruh jajaran KPU Provinsi Bali maupun KPU Kabupaten/Kota se- Bali agar dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan penuh intergritas serta dapat melakukan pelayanan secara optimal kepada seluruh stakeholder dalam pemilu maupun pemilihan.

Hadir sebagai narasumber Bapak Adiwijaya Bakti selaku Inspektur Wilayah II Sekretariat KPU RI dengan moderator yaitu AA Raka Nakula, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Bali. Adiwijaya Bakti dalam pemaparan materinya  menyampaikan definisi gratifikasi, upaya pencegahan gratifikasi melalui Unit Pengendalian Gratifikasi, hingga proses pelaporan Gratifikasi. Terakhir disampaikan materi mengenai Benturan Kepentingan yaitu mulai dari identifikasi benturan kepentingan, tahap pelaporan, dan lima prinsip penanganan benturan kepentingan.

Harapannya dengan kegiatan seperti ini yang dilakukan secara rutin agar semua dapat memahami timbulnya potensi benturan kepentingan di dalam lembaga dan dapat mengidentifikasi lebih awal sehingga dapat dilakukan mitigasi dan pencegahan sebagai langkah untuk menuju reformasi birokrasi yang bebas dari KKN, independent dan berintegritas. (kr)

Komentar