KPU KABUPATEN GIANYAR TETAPKAN TAHAPAN PROGRAM DAN JADWAL PILKADA 2018

  • 24 Juli 2017
  • 00:00 WITA
KPU KABUPATEN GIANYAR TETAPKAN TAHAPAN PROGRAM DAN JADWAL PILKADA 2018_957855.jpg

 

Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Gianyar secara resmi telah menetapkan  Tahapan  pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten Gianyar, Senin 24 /7/2017) dalam Rapat Pleno dan Sosialisasi Tahapan, Program dan Jadwal serta Hari dan tanggal pemungutan suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar, bertempat di Ruang Rapat KPU Gianyar Jl. Jata, Gianyar. Acara dihadiri oleh undangan yang terdiri dari Polres Gianyar, Dandim 1616 Gianyar, seluruh partai politik di Kabupaten Gianyar, Kesbangpol, Bappeda serta awak media.

Rapat Pleno dipimpin oleh Ketua KPU Gianyar, AA. Gede Putra didampingi seluruh anggota dan sekretaris KPU Gianyar. Dihadapan peserta yang hadir  Ketua KPU Gianyar menyampaikan Hari dan tanggal pemungutan suara pemilihan Bupati dan wakil Bupati Gianyar jatuh pada hari Rabu, 27 Juni 2018 serta dilanjutkan dengan membacakan tahapan, program dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar Tahun 2018 yang berpedoman pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

Pada kesempatan tersebut, Agung Putra juga menyampaikan persiapan-persiapan apa saja yang telah dilakukan oleh KPU Gianyar, antara lain sosialisasi untuk pemilih pemula, segmen disabilitas, serta pemuka agama dan tokoh masyarakat. Dalam hal persiapan pemutakhiran data pemilih, KPU Gianyar juga telah melakukan langkah-langkah koordinasi dengan pemerintah daerah terutama Disdukcapil dan Kesbangpol untuk mensosialisasikan pentingnya perekaman KTP Elektronil (KTP El) kepada masyarakat. Agung Putra lebih lanjut menjelaskan bahwa bahwa pemilih yang berhak menggunakan hak pilihnya adalah telah berusia 17 tahun atau sudah/pernah kawin. “Untuk menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah mencapai umur 17 tahun adalah dengan menunjukkan KTP-El.” pungkasnya. Ditambahkan pula, dengan masih banyaknya masyarakat yang sudah berusia 17 tahun yang belum terekam KTP El, Agung Putra menghimbau kepada partai politik agar dapat menyampaikan kepada konstituennya untuk dengan sadar segera melakukan perekaman KTP El agar nantinya dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara.  

Rapat dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan KPU Gianyar Nomor 274/Kpts./KPU-Kab.016.433758/VII/2017 Tentang Pedoman Teknis Tahapan, Program Dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Gianyar Tahun 2018 serta Surat Keputusan KPU Gianyar NOMOR  275/Kpts/KPU-Kab.016.433758/VII/2017 Tentang Penetapan Hari Dan Tanggal Pemungutan Suara Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati  Gianyar Tahun 2018. (Kr)

Komentar