Evaluasi Pemilu 2019 di Kab Gianyar untuk Suksesnya Pemilu 2024

  • 13 Juli 2019
  • 09:00 WITA
  • Dibaca : 172 Pengunjung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar menggelar Rapat Kerja (Raker) Evaluasi Tata kerja Badan Penyelenggara Pemilu Tahun 2019, bertempat di Hotel Arya Duta, Kuta, Bali. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 13 sampai dengan 14 Juli 2019, diisi juga dengan Penyusunan Laporan Tahapan Pemilihan Umum 2019.

Menurut Ketua KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna rapat kerja ini sekaligus mengevaluasi pelaksanaan Pemilihan 2019 serta untuk memperbaiki kinerja penyelenggara pemilu dalam menghadapi Pemilu 2024. "Sebelumnya KPU Gianyar telah melakukan kegiatan evaluasi Pemilu 2019 bersama PPK dan PPS di 7 kecamatan pada 25 sampai dengan 26 Juni 2019 lalu. Hasil evaluasi tersebut kita rangkum ke dalam daftar inventaris masalah sehingga dapat kita jadikan masukan dan bahan evaluasi dalam pelaporan tahapan Pemilihan 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan yang hadir mewakili Ketua KPU Provinsi Bali menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Pemilu 2019 di Kabupaten Gianyar yang telah berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan berarti. Menurutnya Pemilu yang sukses tidak semata ditentukan dengan kelancaran tahapan Pemilu. Kegiatan evaluasi ini membuktikan betapa komunikasi internal antara komisioner dengan sekretariat berjalan harmonis. "Dengan beratnya beban Pemilu 2019 yang telah dilalui tanpa ada kendala berarti di Gianyar terwujud karena koordinasi dan team work yang bagus, ke depannya agar kondisi ini bisa dijadikan motivasi kerja sehingga sebesar apapun  tantangan Pemilu dapat dilaksanakan dengan baik." ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, divisi Teknis Ni Luh Putu Reika Chrisyanti menyatakan pada Pemilu ke depan nanti sangat dibutuhkan kapasitas dan kinerja penyelenggara maksimal, terutama kapasitas SDM di tingkat KPPS.

Mengenai pengelolaan logistik, Agus Tirta Suguna menyatakan cukup puas dengan kinerja sekretariat pada Pemilihan Serentak 2019 lalu. Kesuksesan di bidang logistik mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, persiapan sampai pendistribusian ke TPS yang lancar menurut dia disumbang oleh perencanaan yang matang.

Terkait Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan, Komisioner KPU Gianyar Divisi Perencanaan dan Data, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti mengakui masih ada kendala dalam proses pemutakhiran data pemilih. Ke depan menghadapi Pemilu 2024 dia berencana akan mengevaluasi kapasitas SDM terutama yang fasih mengoperasikan teknologi informasi (TI) serta perlu menyiapkan SOP yang jelas.

“Begitu juga dengan kegiatan sosialisasi, meski tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi, perlu dicari metode sosialisasi yang lebih efektif sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih luas,” tambah Komisioner Divisi Sosialisasi dan Parmas, I Komang Endra Gunawan.

Terkait adanya permohonan PHPU di Mahkamah Konstitusi, divisi hukum I Wayan Mura mengatakan kebdala yang dihadapi pada Pemilu 2019 ini masih bersifat teknis. Kurang jelasnya pokok perkara Pemohon menjadikan tantangan tersendiri dalam menyiapkan alat bukti disamping terkendala minimnya waktu koordinasi dengan Tim PHPU pusat.

Acara hari kedua akan dilanjutkan dengan penyusunan laporan Tahapan Pemilu Tahun 2019 sebagai bentuk peryanggungjawaban pelaksanaan kegiatan tahapan Pemilu sehingga terukur, jelas dan akuntabel. Dengan mengevaluasi pelaksanaan tahapan Pemilihan 2019, diharapkan dapat memperbaiki kinerja Penyelenggara menuju Pemilu serentak 2024 yang lebih baik dan berkualitas. (Kr)

 

Komentar

Sambut Pilkada Serentak Provinsi Bali 2015


Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!

Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?

Facebook Like Box