KPU Gianyar Gelar Evaluasi Fasilitasi APK, Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

  • 01 Agustus 2019
  • 10:00 WITA
  • Dibaca : 77 Pengunjung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan Evaluasi Fasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) dalam Pemilu 2019 di Kantor KPU Gianyar, Jalan Jata, Gianyar, Kamis (1/8/2019).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh stakeholder Pemilu 2019, Bawaslu, Perwakilan Partai Politik peserta Pemilu, TNI-Polri, FKUB, Forum Kepala Desa se Kabupaten Gianyar, KPU Gianyar mendapatkan sejumlah masukan terhadap fasilitasi kampanyenya pada Pemilu 2019. Masukan dari peserta pemilu antara lain berkenaan dengan kurang maksimalnya jumlah seputar alat peraga kampanye yang difasilitasi KPU sehingga untuk Pemilu berikutnya jumlahnya perlu ditambah, serta jenis baliho dan perluasan zona pemasangan APK jika memungkinkan.

Terkait APK yang menutup APK peserta Pemilu lainnya, Pemasangan APK yang tidak sesuai dengan zona yang telah ditentukan, pemasangan APK yang melebihi jumlah yang telah ditetapkan direkomendasikan untuk mempertegas aturan yang mengatur tentang pemasangan APK secara tertib. Bila ada yang melanggar, maka Bawaslu agar dengan cepat menindaklanjutinya.

Menanggapi masukan  - masukan tersebut Ketua KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna mengatakan pihaknya akan mencatat masukan tersebut sebagai bahan evaluasi yang merupakan hasil yang diharapkan dalam kegiatan evaluasi terhadap beberapa masalah APK.

Sementara itu Anggota KPU Kabupaten Gianyar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, I Komang Endra Gunawan pada kesempatan yang sama mengatakan tidak maksimalnya pemanfaatan APK yang disediakan oleh KPU mengingat banyak peserta Pemilu yang tidak memanfaatkan APK yang disediakan dan tidak sedikit pula yang lebih memilih menggunakan APK yang dibuat secara sendiri-sendiri.  Terkait pemberlakuan sanksi bagi peserta pemilu yang melanggar ketentuan pemasangan APK, merupakan kewenangan Bawaslu dan Satgas Gakkumdu.

Di akhir acara Ketua KPU Gianyar Agus Tirta Suguna mewakili lembaga KPU Gianyar menyerahkan piagam penghargaan kepada stakeholder yang merupakan bentuk terima kasih atas dukungannya dalam penyelenggaraan  Pemilu 2019 sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai harapan. “Semoga rekomendasi yang telah kita sepakati bersama ini, bisa diakomodir sehingga Pemilu atau Pilkada mendatang, berkenaan dengan APK dapat lebih baik,” harap Agus Tirta. (kr)



 

Komentar

Sambut Pilkada Serentak Provinsi Bali 2015


Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!

Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?

Facebook Like Box