KPU Wajib Terapkan SOP Sebagai Standar Baku Dalam Setiap Tahapan Kegiatan Pemilu dan Pemilihan

  • 27 September 2019
  • 10:10 WITA
berita_191010031018_KPUWajibTerapkanSOPSebagaiStandarBakuDalamSetiapTahapanKegiatanPemiludanPemilihan.jpg

Divisi hukum dan pengawasan KPU Gianyar I Wayan Mura, bersama Kasubag Hukum dan staf Gianyar menghadiri rapat koordinasi Penyusunan/ Penyuluhan Rumusan dan Rancangan Keputusan/Peraturan Pemilu dan Pemilihan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bali, di Grang Inna Bali Beach, Sanur Bali pada hati Jumat (27/9).


Dalam pembukaannya, Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Agung Lidartawan menyampaikan bahwa perlu adanya keseragaman dalam penyusunan produk-produk hukum Pemilu dan Pemilihan, untuk menghasilkan produk hukum yang pasti.
Menambahkan pernyataan di atas, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Bali, AA Gde Agung Raka Nakula mengatakan bahwasanya divisi hukum kewajibannya melakukan pengawasan internal, sehingga segala proses kegiatan wajib diketahui. Hal tersebut akan menjadi alat ukur apakah semuga program sudah berjalan sesuai tahapan dan peraturan perundang-undangan, yang muaranya adalah SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah).
Acara selanjutnya diisi dengan teknis penyusunan keputusan pemilu dan pemilihan, Teknis Penyusunan SOP, serta alur pengajuan dan arsip produk hukum.
Diharapkan nantinya peserta dapat mengimplementasikan hasil rakor ini untuk diterapkan di satker masing masing, sehingga setiap bagian mampu menyusun SOP sesuai ketentuan. (kr)

Komentar