KPU Gianyar Dukung Pemerintah Daerah Dalam Ciptakan Gianyar Satu Data

  • 01 Oktober 2019
  • 10:30 WITA
berita_190910031009_KPUGianyarDukungPemerintahDaerahDalamCiptakanGianyarSatuData.jpg

KPU Gianyar diundang sebagai Walidata Pendukung dalam Rapat Koordinasi Sistem Aplikasi Gianyar Satu data, bertempat di Gedung Bappeda dan Litbang Kabupaten Gianyar, Selasa (1/10). Komisioner KPU Gianyar Divisi Perencanaan dan Data, AA Gde Agung Eka Putra menghadiri acara tersebut bersama Kasubag hukum, Ni Putu Sri Krisnawati bersama sejumlah walidata pendukung lainnya dari instansi vertikal maupun OPD.

Menurut Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Gianyar, Gede Widarma Suharta mengatakan, penerapan E-Planning dalam sistem perencanaan pembangunan daerah ditetapkan dengan Peraturan Bupati Gianyar nomor 3 tahun 2018. Hal ini sebagai langkah penyelarasan perencanaan pembangunan daerah, mulai dari musrenbang desa, kecamatan, sampai musrenbang kabupaten.

Setiap tahapan proses perencanaan serta penetapan rencana program dan kegiatan tahunan didokumentasikan secara elektronik.
Diharapkan nantinya seluruh data terkumpul di website gianyar satu data dengan alamat www.satudata.gianyarkab.go.id sehingga keperluan masyarakat akan data dapat terlayani.

"Kebijakan tersebut sejalan dengan Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, dengan memperhatikan prinsip dasar dalam mengelola data yang akuntabel dan berintegritas, sehingga dari mulai penyiapan data, hingga pemanfaatan data terintegrasi dengan baik." demikian disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gianyar DR. Yudi Agusta MS.C Gianyar selaku narasumber.
Dalam kesempatan tersebut, komisioner KPU Gianyar, AA Eka Putra menyampaikan apreasiasinya dan berharap sistem Gianyar Satu Data dapat menjawab kebutuhan KPU mengenai database kependudukan dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Sebagaimana keinginan KPU RI dalam perencanaan pemilu ke depan agar dapat menjadi lebih efisien terutama dalam anggaran sehingga terwujud pemilu yang murah. (kr)

Komentar