Lindungi Hak Pilih Warga, KPU Gianyar Lakukan Coklit Pemilih Khusus ke Desa dan Kelurahan

  • 02 Oktober 2019
  • 10:50 WITA
berita_190910021052_LindungiHakPilihWarga,KPUGianyarLakukanCoklitPemilihKhususkeDesadanKelurahan.jpg

Dalam rangka menjamin hak pilih warga, tentunya data pemilih haruslah mencerminkan data yang sesungguhnya, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan untuk itu, melalui program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, KPU Kabupaten Gianyar melaksanakan monitoring sekaligus pencoklitan data langsung ke desa-desa. Kegiatan dimulai hari ini, Rabu (2/10/19) yang dikoordinir oleh anggota KPU Kabupaten Gianyar sesuai korwilnya.


Yang menjadi dasar pencoklitan adalah data pemilih khusus (DPK) pada Pemilu 2019 yang lalu, dimana terdapat 3000 pemilih yang menggunakan hak pilihnya dengan E-KTP dan masih perlu dipastikan kelengkapannsatanya agar dapat dimasukkan ke dalam daftar pemilih melalui aplikasi sidalih.
Tentunya diharapkan hasil coklit ini dapat meminimalisir pemilih yang tercecer untuk keperluan pemilu maupun pemilihan ke depan.
Rangkaian kegiatan dimulai dengan koordinasi ke Sekretaris Daerah, ke kecamatan, dan ke desa/kelurahan. Monitoring akan dilanjutkan dengan coklit langsung mendatangi pemilih yang dijadwalkan hingga akhir Oktober sebagai tahap I.

Sebelumnya, pada hari yang sama Ketua KPU kabupaten Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah Gianyar, (2/10/19). Pertemuan ini terkait dengan tindak lanjut pemutakhiran data pemilih yang akan dilakukan oleh KPU Gianyar menyusul surat kepada Sekda Gianyar mengenai permintaan hak akses data kependudukan, sekaligus penyampaian kegiatan coklit data yang tentunya memerlukan dukungan pemerintah daerah Gianyar karena nantinya akan banyak melakukan koordinasi dengan perangkat desa maupun kelurahan atau kepala lingkungan yang mengetahui kondisi nyata penduduk di tingkat desa, banjar, maupun lingkungan.(kr)

Komentar