KPU Bali Pantau Evaluasi Sidakam Pemilu dan Pilkada di Gianyar

  • 30 Oktober 2019
  • 10:55 WITA
berita_190711091150_KPUBaliPantauEvaluasiSidakamPemiludanPilkadadiGianyar.jpg

Selasa, 29/10/19 KPU Provinsi Bali dipimpin oleh anggota KPU Provinsi Bali divisi Hukum dan Pengawasan, AA Gde Raka Nakula melakukan monitoring dan evaluasi Sidakam untuk pemilu dan pemilihan. Monitoring dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan KPU Kabupaten yanga akan menyelenggarakan Pilkada 2020.

Meskipun KPU Gianyar telah melaksanakan Pilkada tahun 2018, namun evaluasi dilakukan guna memperoleh informasi mengenai kendala dan hambatan yang dialami saat pelaksanaan Pilkada dan pemilu 2019 sehingga dapat menjadi masukan dalam pelaksanaan pIlkada 2020 bagi 6 KPU kabupaten / kota di Bali. Adapun 6 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak Tahun 2020 yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, Kota Denpasar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Karangasem. Sedangkan KPU Kabupaten Buleleng telah melaksanakan Pilkada tahun 2017, sementara Kabupaten Gianyar dan Klungkung melaksanakan Pikada Tahun 2018 bersamaan dengan Pilgub Bali.

Hal-hal yang dievaluasi adalah apakah fasilitasi penyampaian laporan dana kampanye oleh peserta Pemilu dan Pilkada telah difasilitasi sesuai ketentuan, yang dilihat dari terbentuknya helpdesk di KPU Kabupaten Gianyar. Selain itu, dokumen laporan dana kampanye peserta pemilu juga telah diinput ke dalam web SITAP, website KPU Gianyar, dan papan Pengumuman sesuai dengan tahapan,  (kr)

Komentar