KPU Gianyar Belajar Jurnalistik Demi Kembangkan Potensi SDM

  • 07 November 2019
  • 15:55 WITA
berita_190711041139_KPUGianyarBelajarJurnalistikDemiKembangkanPotensiSDM.jpeg

Mengikuti perkembangan dunia  teknologi informasi yang tumbuh semakin pesat dan modern diperlukan suatu langkah inovatif sehingga tidak tertinggal oleh derasnya arus perubahan.  Hal tersebut menjadi tujuan pada hari ke-dua FGD Penguatan Kelembagaan dan Peningkatan SDM di bidang Pengelolaan Media Teknologi Informasi di KPU kabupaten Gianyar, Kamis, 7/11/19.

Menghadirkan narasumber yang piawai  dalam proses pengambilan gambar statis dan aktif berupa  foto dan video, yaitu I Made Jaya Kusuma dari media Bali TV, KPU Gianyar ingin dapat meningkatkan kompetensi peserta dalam bidang fotografi  dan videografi.

Selain memaparkan materi mengenai seni pengambilan gambar berupa foto maupun video dan mengulas dasar - dasar proses video editing, peserta juga diajak mempraktikan langsung bagaimana cara membuat video yang singkat namun menarik untuk ditonton. Selain itu juga bagaimana teknik pengambilan angle foto sehingga tontonan menjadi lebih menarik dan informatif.

Selain mengaah kemampuan dasar pengambilan dokumentasi kegiatan berupa foto dan video yang menarik, pada sesi kedua hari kedua FGD, peserta diajak belajar bagaimana mengelola website. Pada sesi kali ini dihadirkan narasumber dari Rumah Media yaitu Putu  Mawang Saptawan.  

Setelah dirasa mahir menulis berita yang baik, didukung dengan pengambilan foto yang mampu “bicara”, peserta diharapkan mampu mengupdate website dengan informasi, berita, maupun agenda kegiatan untuk  menampilkan citra lembaga KPU. Untuk itu diberikan pelatihan singkat mengenai pengelolaan website, sehingga peserta mengetahui fitur apa saja yang bisa dimanfaatkan sehingga penyampaian informasi ke masyarakat menjadi efektif.

KPU Gainyar telah memiliki website yang dikelola sendiri, yaitu www.kpu-gianyarkab.go.id  dengan pemeliharaan web oleh pihak ketiga. Tentunya dalam perkembangannya, website selain sebagai media ataupun jendela utama bagi masyarakat untuk mengetahui apa saja kegiatan KPU Gianyar harus diupdate atau dilakukan pembaharuan secara berkala. Untuk itu melalui kerjasama dengan penyedia layanan web, diharapkan selain menampilkan konten yang menarik, website KPU Gianyar juga mampu menjadi pion dalam menangkis informasi hoax, maupun false news /berita yang menyesatkan tentang kepemiluan. Tantangan lainnya yaitu ancaman peretasan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab atau dikenal dengan istilah hacker juga harus diantisipasi sehingga tidak mengganggu kegiatan dalam rangka keterbukaan informasi kepada masyarakat. (kr)

Komentar