Validasi Data Pemilih DPK Pemilu 2019, KPU Gianyar Sisir Data PenduduK di Dukcapil.

  • 15 November 2019
  • 10:15 WITA
berita_191911101112_ValidasiDtaPemilihDPKPemilu2019,KPUGianyarSisirDataPenduduKdiDukcapil.jpg

Dalam usaha meningkatkan validasi dan akurasi Data Pemilih dan tindak lanjut dari pendataan daftar pemilih khusus (DPK) pada Pemilu 2019 merupakan tanggungjawab KPU bersama instansi terkait untuk menuntaskannya. Demikian disampaikan I Putu Agus Tirta Suguna dalam sambutannya saat membuka Rapat koordinasi bersama instansi terkait membahas tindak lanjut pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, khususnya validasi DPK, Jumat, 15/11/19 di ruang rapat KPU kabupaten Gianyar.


Menurut AA Eka Putra, divisi program dan data, jumlah DPK yang berhasil dihimpun sejumlah 3693 merupakan jumlah yang diperoleh saat membuka kotak untuk mengambil data C7. "Data inilah yang kemudian kita kroscek dengan aplikasi Lindungi hak Pilih, sehingga didapat 1540 data yang belum valid. Sisanya sudah terdaftar di dalam dpt,"ujarnya. Senada dengan Agung Eka, Anggota KPU Provinsi Bali, AA Raka Nakula yang hadir dalam rapat tersebut mengungkapkan optimismenya bahwa dengan koordinasi yang baik dengan instansi terkait, KPU Gianyar akan dapat menyelesaikan berbagai persoalan data pemilih. Menurutnya, dengan pergerakan penduduk yang dinamis memang mengharuskan KPU untuk kerja ekstra melakukan pemutakhiran berkelnajutan supaya semua pemilih terlindungi hak pilihnya.

Disdukcapil Gianyar sendiri bersedia membantu dengan catatan DPK yang akan disisir harus ada NIK atau NKK sehingga bisa dipastikan kebenarannya. Selain itu juga diminta agar KPU Gianyar menyediakan operator untuk mendampingi operator Dukcapil.
Sementara itu, ketua Bawaslu Gianyar menyampaikan apresiasinya atas keterbukaan informasi dan koordinasi KPU Gianyar mengenai data pemilih ini sehingga diharapkan data pemilih ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam pilkades di Gianyar bulan Januari 2020. Selanjutnya pekerjaan baru dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan adalah mendata para anggota Polri/TNI yang sudah purna tugas sehingga bisa dimasukkan ke dalam daftar opemilih baru. Untuk hal tersebut, KPU Gianyar akan berkoordinasi dengan desa/kelurahan untuk mendata kembali penduduknya sehingga didapat data yang lengkap termasuk NIK dan NKK nya. (kr)

Komentar