KPU Gianyar Hadiri Rapat Peningkatan Kapasitas Pengelola Keuangan

  • 15 November 2019
  • 10:25 WITA
berita_192011091130_KPUGianyarHadiriRapatPeningkatanKapasitasPengelolaKeuangan.jpg

KPU Kabupaten Gianyar mendapat undangan rapat ke KPU Provinsi Bali,15/11/2019 dalam acara Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Anggaran dan Keuangan pada KPU Kabupaten/ Kota Se- Bali dan Persiapan Pengelolaan Dana Hibah Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan mengundang Sekretaris, Kasubag Umum dan Logistik, Bendahara Pengeluaran dan Staf Pengelola Keuangan. rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor KPU provinsi Bali , Jl Cok Agung Tresna , Denpasar menghadirkan narasumber yaitu Kabag Perbendaharaan KPU RI , Yan Permana.

Pada kesempatan tersebut, Yan Permana menjelaskan mengenai tugas kewajiban pengelola keuangan baik secara fungsional maupun rutin serta menghimbau kepada seluruh bendahara dan staf pengelola keuangan agar senantiasa bekerja sesuai aturan yang berlaku banyak. Dari sejumlah tugas dan wewenang pengelola keuangan, Yan Permana meyebutkan sejumlah hal penting, antara lain bendahara harus mampu bekerja secara independen, lepas dari tekanan dari manapun, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) jangan dirangkap dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) agar fungsi kontrol bisa berjalan, serta pentingnya ketelitian PPK  untuk pertanggungjawaban keuangan dan pengeloaan sesuai dengan aturan sehingga akuntabel.

Sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi antar satker dan penyampaian tips dalam pengelolaan anggaran agar sesuai aturan yang berlaku. Dalam hal ini harus selalu dipedomani bahwa  KPA bertanggungjawab secara formal terhadap output kegiatan, PPK dan Bendahara Pengeluaran bertanggungjawab secara formal dan material, sedangkan PPSPM bertanggungjawab secara formal.

Bagi satker yang akan meyelenggarakan Pilkada 2020, Yan Permana juga memberikan himbauan agar segera merevisi dana hibah Pilkada ke dalam DIPA, mengupayakan agar melengkapi dengan bukti SPJ sehingga bisa dilaporkan dengan tepat waktu.(kr)

Komentar