Tingkat Partisipasi Pemilih Tinggi di Gianyar, KPU Bitung Dan KPU Boltim Lakukan Studi Banding

  • 21 November 2019
  • 14:25 WITA
berita_192211111139_TingkatPartisipasiPemilihTinggidiGianyar,KPUBitungDanKPUBoltimLakukanStudiBanding.jpg

KPU Kabupaten Gianyar mendapat 2 kunjungan tamu dari KPU Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Boltim dan KPU Kota Bitung pada tanggal 21/11/2019 , diterima oleh Ketua dan Anggota KPU Gianyar  beserta jajaran di Ruang Rapat Kantor KPU Gianyar.

Didampingi oleh divisi Hukum dan Pengawaan KPU Provinsi Sulawesi Utara,  KPU Kota Bitung dan KPU Boltim mengatakan maksud kedatangan mereka adalah untuk sharing atau berbagi ilmu dalam Penyelenggara Pemilu 2019. Salah satunya berkaitan dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi di Gianyar dan transparansi informasi Pemilu yang mendapat reward dari KPU RI. "Partisipasi Pemilih yang tinggi pada saat Pemilu 2019 dengan presentase suara tidak sah yang relatif kecil, sehingga dari tahap sosialisasi kita di Gianyar terbilang cukup sukses." ujar Ketua KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna. 

Selain mengenai tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada, divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bitung juga ingin mendapat tambahan pengetahuan terkait penyelenggaraan kegiatan rutin mengenai pengawasan internal di KPU Kabupaten Gianyar. Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Gianyar, Putu Agus Tirta Suguna menyampaikan inovasi-inovasi yang dilakukan KPU Gianyar, atara lain pengendalian internal di bidang keuangan melalui rapat koordinasi dan pembahasan realisasi anggaran yang dilakukan secara periodik. "Jadi masing-masing kasubag berkoordinasi dengan divisinya mencermati realisasi anggaran, kegiatan apa yang akan diambil untuk kemudian diputuskan dalam Pleno rutin." ujarnya. Dalam hal penguatan kelembagaan, KPU Gianyar juga menerapkan disiplin masuk kerja dengan mesin handkey sehingga kehadiran pegawai dapat dipantau, juga dengan upacara bendera setiap hari senin, dan apel pagi sampai dengan jumat secara rutin dilakukan.

Di akhir kunjungan, dilakukan pertukaran cinderamata, dan Rombongan KPU Boltim dan KPU Bitung yang terdiri dari divisi hukum dan pengawasan, divisi program dan data, Sekretaris, Kasubag, dan staf melihat-lihat ke dalam Rumah pintar Pemilu (RPP) KPU Gianyar yang baru diresmikan bulan September lalu oleh KPU RI. (Kr)

 

 

Komentar