Perkuat Basis Pemilih Pemula, KPU Gianyar Audiensi RPP Ke SMA Tegalalang

  • 21 November 2019
  • 11:10 WITA
berita_192211111101_PerkuatBasisPemilihPemula,KPUGianyarAudiensiRPPKeSMATegalalang.jpg

Upaya KPU Gianyar dalam mengenalkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Gianyar yang diberi tema Galei Demokrasi Gianyar kepada masyarakat khususnya Pemilih Pemula semakin digencarkan.  Kamis, 21/11/19 pagi, Tim Audiensi RPP mengunjungi SMA Negeri 1 Tegalalang untuk melaksanakan sosialisasi mengenai keberadaan RPP KPU Gianyar, bertempat di aula sekolah. Selain untuk memberdayakan dan mengenalkan RPP, kegiatan ini dirancang dengan tujuan untuk memperkuat pengembangan demokrasi di basis pemilih pemula.

Didampingi kepala sekolah SMA N 1 Tegalalang, I Gusti Made Mertanadi, Anggota KPU Gianyar I Komang Endra Gunawan Anggota KPU Kabupaten Gianyar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas menyampaikan sosialisasi di hadapan siswa kelas 12. Banyak pertanyaan diajukan oleh para siswa, yang paling banyak adalah apa perlunya Pemilu bagi siswa, dan mengapa mereka harus memilih. Menanggapi pertanyaan siswa-siswa tersebut, Endra Gunawan menjelaskan pentingnya Pemilu yang merupakan pilar utama dari sebuah demokrasi. Melalui Pemilu rakyat memilih wakilnya, selanjutnya para wakil rakyat ini diserahi mandat kedaulatan rakyat untuk mengurusi negara. Jika apatis terhadap proses politik ini, pemilih pemula kelak akan yang akan merasakan dampaknya selama beberapa tahun ke depan. Kalau salah pilih, maka dampak kebijakannya yang tak populer yang ditanggung pemilihnya juga.

Oleh sebab itu, pemilih pemula wajib mengenal calon pemimpin yang akan dipilih melalui Pemilu, apa visi dan misinya sehingga tidak menyesal kemudian melalui sumber informasi yang dapat dipercaya. Inilah tujuan RPP dibentuk, sehingga masyarakat memperoleh informasi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan karena diperoleh dari data-data yang valid, disajikan dalam bentuk infografis yang lengkap. Infografis mengenai calon pemimpin, partai politik peserta pemilu, track record hasil Pemilu dari tahun  ke tahun merupakan sedikit jenis informasi yang disediakan RPP KPU Kabupaten Gianyar. Nantinya siswa yang mengunjungi RPP akan dapat melihat langsung melalui aplikasi yang disediakan, juga tayangan audiovisual mengenai kegiatan kepemiluan yang dilaksanakan oleh KPU Gianyar.

Selain pemilih pemula, dalam rangka audiensi RPP, KPU Gianyar juga akan menyasar basis pemilih perempuan yang tersebar di dalam elemen masyarakat juga sangat signifikan dalam menentukan pemimpin. Segmen perempuan dengan perannya yang semakin penting di masyarakat dianggap cukup strategis dalam penyebarluasan informasi kepemiluan yang tentunya akan berdampak pada membaiknya pendidikan politik dan pengetahuan masyarakat, mulai dari lingkungan keluarga hingga lingkungan sekitar mereka terkait Pemilu. (kr)

Komentar