Peduli Arsip KPU Gianyar Gelar Simulasi

  • 27 November 2019
  • 17:45 WITA
berita_192811031105_PEDULIARSIPKPUGIANYARGELARSIMULASI.jpg


Dengan berakhirnya tahapan penyelenggaraan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, KPU Gianyar sudah ditunggu dengan keberadaan sekian banyak dokumen arsip yang harus dikelola dengan baik dan benar sesuai dengan standar pengelolaan arsip. Hal tesebut karena keberadaan arsip merupakan harta sangat berharga yang wajib dikelola dengan baik sebagai informasi  dalam perkembangan penyelengaraan Pemilu dari waktu ke waktu, demikian disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna dalam sambutannya membuka kegiatan Pembinaan pengelolaan Dokumen dan Arsip Pilkada 2018  dan Pemilu 2019 di kantor KPU Gianyar, selama dua hari yaitu hari Selasa/26/11/2019 dan Rabu 27/11/2019.


Agus Tirta Suguna menjelaskan tujuan dari pada kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat umum dalam mencari infomasi maupun data hasil dari pada Pemilihan dan Pemilu di KPU Kabupaten Gianyar sehingga dapat terpenuhi dalam waktu yang cepat, singkat, lengkap dan akurat hal ini sebagai bentuk tanggung jawab KPU Gianyar kepada masyarakat sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas.


Kegiatan KPU Gianyar dalam pengelolaan kearsipan yang selaras dengan program “Gerakan Masyarakat Perduli Arsip atau GEMPAR” yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah Gianyar. Dengan menghadirkan 3 (tiga) orang petugas dari Tim Pembinaan Kearsipan Daerah Kabupaten Gianyar sebagai narasumber, Kegiatan Pembinaan pengelolaan dokumen arsip tersebut dilaksanakan dalam kantor selama 2 (dua) hari berturut-turut pada tanggal 26 dan 27 Nopember 2019.

Dalam pemaparan oleh Tim Pembinaan Kearsipan Daerah Nyoman Bidi Sastra Sesana dijelaskan bahwa pentingnya keberadaan arsip adalah merupakan aset yang paling berharga yang menjadi warisan dari generasi ke generasi sebagai catatan sejarah yang perlu dilestarikan dan dipelihara dengan baik.
Sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada seluruh jajaran KPU Gianyar dalam mengolah dan mengelola keberadaan arsip yang terdapat di KPU Kabupaten Gianyar, pembinaan tata kelola arsip tidak hanya diberikan pemahaman secara  teori tetapi langsung dilakukan praktek dan  simulasi pada masing – masing subbagian sebagai pencipta dan pengolah arsip. Kegiatan simulasi dilakukan pada empat subbagian yang terdapat di KPU KPU Kabupaten Gianyar diantaranya Subbagian KUL, Subbagian Teknis dan Hupmas, Subbagian Program dan Data serta pada Subbagian Hukum.  Pada setiap subbagian dengan berbagai jenis dokumen  digelar simulasi pengelolaan arsip mulai dari pengelompokan jenis arsip, peberian kode klasifikasi arsip, pencatatan pada lembar kontrol hingga tata cara penyimpanan dokumen arsip sehingga tetap terjaga keutuhan fisik arsip tersebut.


Sesuai dengan program Gerakan Masyarakat Perduli Arsip (GEMPAR)  yang digulirkan oleh  Kearsipan Daerah  Kabupaten Gianyar, Tim Pembinaan Kearsipan Daerah menyatakan kesiapannya dalam melakukan pendampingan pada KPU Gianyar dalam melakukan  pengelolaan kearsipan sehingga keberadaan arsip  Pemilu di Gianyar dapat ditata dengan baik. (pik)

 

Komentar