Ketua KPU Gianyar Tekankan Pentingnya Perencanaan Yang Matang Dalam Eksekusi Kegiatan

  • 14 Desember 2019
  • 09:35 WITA
berita_191912091238_KetuaKPUGianyarTekankanPentingnyaPerencanaanYangMatangDalamEksekusiKegiatan.jpg

 Perencanaan kerja dan anggaran merupakan proses penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan dalam rencana strategis (renstra) yang menggambarkan kegiatan tahunan yang akan dilaksanakan oleh instansi pemerintah. Rencana kerja dibuat sebelum tahun anggaran baru dimulai sebagai dasar penyusunan dan pengajuan anggaran serta dasar bagi suatu kesepakatan tentang kinerja yang akan diwujudkan oleh suatu instansi. Atas dasar itulah Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar, menyelenggarakan Rapat Kerja Penyusunan Rencana Kerja Tahun Anggaran 2020 pada tanggal 13 s/d 14 Desember 2019 bertempat di Golden Tulip Jineng resort, Kuta, Badung.


Dalam sambutannya Ketua KPU Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna mengatakan bahwa  penjabaran dari Rencana  Strategis yang disusun dan ditetapkan dengan baik sangat diperlukan sebagai pedoman dan pegangan dari Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya. Disamping itu, Rencana kerja memberikan jaminan adanya perhitungan-perhitungan yang matang dari setiap keputusan dan tindakan yang dilaksanakan, di samping memungkinkan dilakukannya penyesuaian dan penyelarasan dengan situasi lingkungan serta semua perubahan dan perkembangannya. Pengarahan Ketua KPU Gianyar sekaligus membuka rapat kerja yang diikuti oleh Ketua, Anggota, Sekretaris, para Kasubag, Staf dan Tenaga Pendukung.

Dalam Rapat Kerja tersebut juga membahas perencanaan kinerja yang merupakan dasar bagi penerapan anggaran berbasis kinerja, sehingga perlu adanya perencanaan yang matang terhadap progam, kegiatan serta indikator-indikator keberhasilan kinerja, diawali dengan evaluasi kegiatan 2019 dan penyampaian rencana kerja tahun anggaran 2020 masing - masing divisi dengan sub bagian. Melalui pencermatan anggaran DIPA TA 2020 yang secara resmi diterima tanggal 19 November 2019, telah disusun rencana kerja sehingga kegiatan tahun 2020 lebih terarah sehingga terserap maksimal dengan efektif dan efisien. Untuk besaran Pagu DIPA KPU Kabupaten Gianyar tahun anggaran 2020 yang akan diterima adalah sejumlah 2.958.448.000, (dua milyar sembilan ratus lima puluh delapan juta empat ratus empat puluh delapan ribu rupiah) yang mencakup program dukungan manajemnen dan pelaksanaan teknis lainnya serta program penguatan kelembagaan demokrasi dan perbaikan proses politik.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu juga diisi dengan refleksi kegiatan sepanjang 2019 ini, yang meliputi kendala-kendala yang dihadapi sehingga menghambat proses kegiatan ataupun hal-hal yang positif yang mendukung proses kegiatan sehingga tujuan instansi dapat tercapai.Sampai dengan akhir bulan Nopember 2019, secara global serapan anggaran DIPA TA 2019 di KPU Kabupaten Gianyar sebesar 90 % dengan nilai Rp. 310.169.293,- (tiga ratus sepuluh milyar seratus enampuluh sembilan ribu dua ratus sembilan puluh tiga rupiah. Realisasi tersebut mencakup realisasi tahapan pemilu dan realisasi anggaran rutin. (kr)

 

Komentar