KPU Gianyar Gelar Raker, Renja 2021 Resmi Ditetapkan

  • 23 Desember 2020
  • 15:35 WITA
berita_212501020144_KPUGianyarGelarRaker,Renja2021ResmiDitetapkan.jpg

Perencanaan kerja dan anggaran merupakan proses penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan dalam rencana strategis (renstra) yang menggambarkan kegiatan tahunan yang akan dilaksanakan oleh instansi pemerintah. 

Dengan telah diterimanya Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2021 pada Satker KPU Kabupaten Gianyar, maka langkah selanjutnya adalah Penyusunan Rencana Kerja (Renja) TA 2021. Untuk itulah Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar, menyelenggarakan Rapat Kerja Penyusunan Rencana Kerja Tahun Anggaran 2020 pada tanggal 23 Desember 2020 bertempat di Warung D'Pondok, Sebatu, Tegalalang, Gianyar.

Dalam pembukaannya Ketua KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna menegaskan pentingnya penyusunan Renja sebelum tahun anggaran baru sebagai landasan pelaksanaan kegiatan di Tahun 2021. "Dengan ditetapkannya Renja lebih awal, selain perencanaan yang lebih matang, masing-masing Divisi dan sub bagian memiliki kesempatan mengenali potensi dan hambatan sehingga memberikan jaminan terlaksananya aggaran yang efektif dan efisien, memungkinkan dilakukannya penyesuaian dan penyelarasan dengan situasi lingkungan serta semua perubahan dan perkembangannya.

 

Lebih  lanjut  I Putu Agus Tirta Suguna mengatakan bahwa  penjabaran dari Renja yang disusun dan ditetapkan dengan baik sangat diperlukan sebagai pedoman dan pegangan dari Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya.

Rapat Kerja  diawali dengan evaluasi kegiatan 2020 dan penyampaian rencana kerja tahun anggaran 2021 masing - masing divisi dan sub bagian. Melalui pencermatan anggaran DIPA TA 2021 yang secara resmi diterima tanggal 23 November 2020, telah disusun rencana 2021 dengan besaran Pagu DIPA KPU Kabupaten Gianyar tahun anggaran 2021 yang akan diterima adalah sejumlah 2.636.177.000, (dua milyar enam ratus tiga puluh enam juta seratus tujuh puluh tujuh ribu rupiah) yang mencakup program dukungan manajemnen dan pelaksanaan teknis lainnya serta program penguatan kelembagaan demokrasi dan perbaikan proses politik.

Kegiatan penyusunan Renja diikuti oleh Ketua, Anggota, Sekretaris, para Kasubag, Staf, diakhiri dengan penjabaran Job Description oleh para Kasubag untuk masing-masing staf. Secara global serapan anggaran DIPA TA 2020 di KPU Kabupaten Gianyar sebesar 95 % dengan nilai Rp. 2.594.666.166,- (dua milyar lima ratus sembilan puluh empat juta enam ratus enam puluh enam ribu seratus enam puluh enam rupiah).(kr)

Komentar