Agung Nakula, Surat Keputusan Bukan Pelengkap Administrasi, Tapi Produk Hukum Yang Harus Dipertanggungjawabkan

  • 16 Juli 2021
  • 16:35 WITA
berita_211609110918_AgungNakula,SuratKeputusanBukanPelengkapAdministrasi,TapiProdukHukumYangHarusDipertanggungjawabkan.jpg

KPU Kabupaten Gianyar, Jumat, 16//7/2021 mengikuti diskusi dalam jaringan (daring)  mengenai SPIP terkait Penguatan Produk Hukum dan Antisipasi Sengketa yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bali. Pertemuan kali ini mengundang Divisi Hukum dan Pengawasan dan Kasubag Hukum dibuka oleh Anggota KPU Bali I Gede John Darmawan yang menyampaikan kepada seluruh peserta agar hasil diskusi ini lebih meningkatkan penguatan pengawasan produk hukum di lingkungan KPU Kabupaten/Kota. 

Hal senada disampaikan oleh AA Raka Nakula  selaku divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Bali sekaligus narasumber, bahwa peranan pengawasan produk hukum dimulai dari proses penciptaannya hingga pendistribusiannya. Dari proses penciptaan formatnya harus sesuai dengan ketentuannya yaitu Syarat formil dan syarat materiil. "Untuk pemenuhan syarat formil, suatu produk hukum ditetapkan oleh pejabat yang berwenang, serta prosesnya misalnya jika di KPU mekanisme penyusunan keputusan harus melalui hasil pleno." ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan surat keputusan merupakan suatu pernyataan kehendak, sehingga tidak boleh ada kekurangan yuridis yang bisa menyebabkan persoalan serta isi dan tujuan sesuai dengan isi tujuan peraturan dasar, dapat memberikan kepastian hukum, disiapkan secara cermat dan tidak ada unsur keberpihakan. Hal tersebut merupakan beberapa upaya untuk menghindari sengketa. Hal yang perlu diingat bagi pencipta produk hukum khususnya Surat Keputusan bahwa Surat Keputusan bukan sebagai pelengkap administrasi,  tapi sebuah produk hukum yang harus dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya masing-masing peserta menyampaikan permasalahan-permasalahan yang pernah dialami serta saling bertukar solusi maupun implementasinya terutama dalam pelaksanan Pemilu dan Pemilihan.(kr)

 

Komentar