Baca Berita

DISDUKCAPIL GIANYAR TARGET SELESAIKAN PEREKAMAN KTP ELEKTRONIK SEBELUM TAHAPAN PILKADA SERENTAK 2018.

Oleh : | 12 Juni 2017 | Dibaca : 233 Pengunjung

Gianyar, Validasi data kependudukan yang belum terekam KTP Elektronik di Kabupaten Gianyar diharapkan dapat diselesaikan oleh Disdukcapil Gianyar dalam kurun waktu 3 (tiga) Bulan, sebelum tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 dimulai, demikian harapan Ketua KPU Gianyar dalam Rapat Koordinasi yang dilaksanakan hari Senin, 12/6/2017. Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor KPU Kabupaten Gianyar dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Bali, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Gianyar, Kepala Badan Kesbangpol Gianyar, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Gianyar, Camat se-Kabupaten Gianyar serta Partai Politik.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Gianyar A. A. Gde Putra juga mengharapkan peran aktif dari Partai Politik dalam melakukan sosialisasi terkait perekaman KTP Elektronik. Partai Politik dapat menyampaikan kepada masing – masing kader dan simpatisannya yang belum terekam, agar segera melakukan perekaman  KTP Elektronik. Menurutnya merupakan kerugian bagi Partai politik kalau sampai ada kader dan simpatisannya yang tidak terekam KTP Elektronik, seningga tidak terdaftar dalam data pemilih Pemilu.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Gianyar, Made Sari Sudana Putra, menyampaikan bahwa sampai saat ini masih terdapat sejumlah 75 ribu lebih  penduduk Gianyar yang belum terekam KTP Elektronik. Data penduduk Gianyar  hasil Konsolidasi pada Dirjen Kependudukan pusat terhitung sampai saat ini sebanyak 498 ribu lebih. Ditambahkan bahwa terdapat hambatan  yang dihadapi dalam perekaman KTP Elektronik,  seperti masyarakat yang beranggapan belum penting untuk melakukan Update data kependudukan dan masyarakat akan melakukan validasi data kependudukan pada saat diperlukan. Disamping masalah – masalah teknis lainnya. Menurutnya sangat  diperlukan peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan untuk menyampaikan informasi pentingnya keberadaan KTP Elektronik kepada Masyarakat.

Disdukcapil Gianyar akan menjadwalkan kembali perekaman KTP elektronik keliling di masing-masing kecamatan dan tingkat kelurahan/desa sebagaimana masukan yang disampaikan oleh para camat. I Putu Agus Tirta Suguna, Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Gianyar, menyampaikan Disdukcapil Gianyar perlu melakukan terobosan – terobosan dalam menyelesaikan permasalahan Perekaman KPT elektronik dengan melibatkan  instansi terkait di Pemerintah Daerah. Karena masalah kependudukan tidak semata - mata hanya menjadi tanggung jawab Disdukcapil.

Pada akhir acara Ketua KPU Provinsi Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan bahwa masalah kependudukan adalah tidak hanya tentang keperluaan untuk pelakanaan pemilu/pemilihan tetapi merupakan hak dasar bagi setiap warga sebagai Warga Negara Indonesia. Ditambahkan validasi kependudukan adalah merupakan gerakan bersama  untuk kepentingan bersama baik untuk keperluan Pilkada serentak 2018 dan persiapan Pemilu 2019. (Pik).


Oleh : | 12 Juni 2017 | Dibaca : 233 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter