Baca Berita

GAET PEMILIH PEMULA, KPU GIANYAR SOSIALISASIKAN TAHAPAN PILKADA KE SMU 1 BLAHBATUH DAN SMK PGRI BLAHBATUH

Oleh : | 10 Agustus 2017 | Dibaca : 73 Pengunjung

Menjelang tahapan Pilkada Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar gencar melaksanakan sosialsiasi kepada segmen pemilih pemula. Pada hari Kamis (10/8/2017), sosialsiasi kembali dilaksanakan, kali ini kepada siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Blahbatuh dan SMK PGRI Blahbatuh. Materi sosialsiasi dibawakan oleh anggota KPU Gianyar divisi Teknis, Putu Agus Tirta Suguna, didampingi staf sekretariat. Kegiatan yang diikuti oleh pelajar kelas XII ini dilakukan demi memberikan pendidikan bagi pemilih pemula tentang pemahaman pemilihan kepala daerah sedini mungkin.

Agus Tirta mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memfasilitasi pendidikan pemilih dan juga sosialisasi pilkada. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkat kan partisipasi pemilih khususnya pilkada serentak 2018 yang nantinya di Kabupaten Gianyar akan melaksanakan 2 pemilihan sekaligus yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar. “Sasarannya adalah pelajar yang sudah berusia 17 tahun atau pelajar yang akan berusia 17 tahun pada saat hari pemungutann suara, yaitu tanggal 27 Juni 2018 ,” ucapnya.

 Pada kesempatan tersebut Agus Tirta juga menyampaikan tentang persyaratan sebagai pemilih di Pilkada Serentak 2018 nanti yaitu harus memiliki atau sudah terekam KTP Elektronik. Untuk perekaman KTP-El sendiri, menurut Agus sudah difasilitasi oleh Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gianyar dengan menempatkan personilnya di kecamatan sehingga lebih meringankan bagi warga yang belum memiliki KTP El dalam proses perekaman. Diharapkan para siswa setelah mendapatkan pembekalan mengenai pentingnya perekaman KTP El, dapat menyampaikan kepada keluarga maupun masyarakat di lingkungannya. Para siswa tampak antusias mengikuti jalannya sosialisasi diselingi tanya jawab dengan narasumber.

Di akhir acara disampaikan juga rencana kegiatan Gema Sadar Demokrasi (GMSD) yang rencananya akan melibatkan siswa sekolah menengah atas sebagai peserta. Acara tersebut nantinya akan dikoordinasikan kembali kepada pihak sekolah, agar dipersiapkan pesertanya karena akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba kesenian dan kreatifitas dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada 2018 nanti. (kr)


Oleh : | 10 Agustus 2017 | Dibaca : 73 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter