Baca Berita

JELANG PEREKRUTAN PPK, KPU GIANYAR SIAPKAN JUKNIS

Oleh : | 14 September 2017 | Dibaca : 84 Pengunjung

Menjelang Rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang akan segera dimulai KPU Gianyar menggelar rapat koordinasi pada hari Kamis, 14 September 2017 di ruang rapat KPU Gianyar guna membahas sejumlah hal yang menjadi kendala dalam penyusunan draft pedoman teknis. Potensi masalah muncul antara lain dalam hal rekrutmen penyelenggara, pengelolaan tahapan dan pembiayaan mengingat penyelenggaraan pilkada serentak 2018 yang berhimpitan dengan penyelenggaraan pemilu serentak 2019.

Menurut anggota KPU Gianyar yang membidangi divisi Teknis, I Putu Agus Tirta Suguna, pendaftaran dan seleksi PPK dan PPS akan dibuka Oktober mendatang. “Jadi mulai sekarang sudah bisa dipersiapkan segala sesuatunya, namun mengenai pengumuman syaratnya belum bisa kita sampaikan ke publik mengingat adanya perbedaan dari syarat usia dan jumlah anggota PPK .”ujarnya.

Mengenai komposisi atau jumlah anggota serta syarat usia masih menunggu ketentuan dari KPU RI mengingat apabila mengacu pada UU No. 1 Tahun 2015 dengan perubahan terakhir menjadi UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada, terdapat perbedaan dengan UU Pemilu yang baru yaitu UU No 7 tahun 2017.

Di dalam UU No 10 Tahun 2016 disebutkan jumlah PPK dimasing-masing kecamatan 5 orang dengan batas usia minimal 25 tahun, sedangkan di UU Pemilu No 7 Tahun 2017 disebutkan PPK, di masing-masing kecamatan 3 orang dengan batas usia minimal 17 tahun.

Untuk persyaratan lainnya lanjut Agus Tirta Suguna, perekrutan PPK, PPS terbuka untuk umum dengan mempertimbangkan kapabilitas, kemampuan dan integritas. (KR)


Oleh : | 14 September 2017 | Dibaca : 84 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter