Baca Berita

HANOMAN DIDAULAT PADA PELUNCURAN MASKOT DAN JINGLE PILKADA GIANYAR 2018

Oleh : | 03 Desember 2017 | Dibaca : 212 Pengunjung

Menjelang perhelatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali serta Bupati dan Wakil Bupati Gianyar, 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar secara resmi telah meluncurkan maskot dan jingle pemilihan di Panggung Terbuka Balai Budaya Gianyar, Minggu, (3/11) . Peluncuran maskot dan jingle Pilkada Gianyar ini sekaligus bertujuan untuk sosialsiasi kepada masyarakat Gianyar mengenai waktu pemungutan suara Pilkada Serentak tahun 2018, serta peningkatan partisipasi pemilih.

Sebagai Maskot Pilgub Bali 2018, yaitu “Kayonan” yang diambil dari filosofi “Asta Brata” dalam kisah Ramayana  yang telah diluncurkan oleh KPU Provinsi Bali pada Sabtu (28/10) yang lalu. Sedangkan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Gianyar, dipilih figur “Hanoman”.

Dipilihnya Hanoman sebagai maskot pemilihan, menurut Ketua KPU Gianyar,  AA Gede Putra,  karena sosok Hanoman dinilai mempunyai sifat ksatria, pekerja  keras, mengutamakan kepentingan umum, rendah hati dan senantiasa bekerja sesuai aturan. Sifat dan Jiwa melayani itulah yang dipandang sesuai dengan jiwa dan semangat KPU “Melayani” yaitu melayani masyarakat untuk mendapatkan pemimpin yang berdaulat dan bijaksana sebagai mana yang tertuang dalam slogan Abhiseka Prabu Darma Raksita. Menurutnya, sosok Hanoman merupakan sosok yang layak dijadikan panutan dan teladan.

Acara Peluncuran diawali dengan pementasan tarian kolosal berjudul Abhiseka Prabu Darma Raksita yang berkisah tentang dipilihnya Hanoman menjadi “senapati” atau pemimpin oleh Sri Rama. Selanjutnya ditampilkan jingle pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar yang berjudul “ Sing Nyoblos, Sing Gagah” yang dinyanyikan oleh artis Jun Bintang. Jingle dengan lirik yang mudah diikuti ini diantaranya berisi ajakan kepada masyarakat Gianyar untuk datang ke TPS pada tanggal 27 Juni 2018, dan agar tidak Golput karena akan melaksanakan pemilihan pemimpin Gianyar, dan jika tidak “nyoblos” (memilih di TPS-red) maka tidak gagah.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Plt. Sekda Gianyar, Ketua, Anggota, Sekretaris KPU Provinsi Bali,Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten Gianyar, serta sejumlah Ketua dan anggota KPU se – Indonesia, Jajaran Muspida, Ketua, Anggota, Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se Bali, Pimpinan Parpol, LSM, Para Camat,Lurah/Perbekel, PPK, PPS.

Sementara itu Bupati Gianyar yang diwakili Plt. Sekda Kab Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini menunjukkan komitmen dan kesiapan KPU Kabupaten Gianyar untuk melaksanakan tahapan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Bupati dan Wakil Bupati Gianyar Tahun 2018. Ditambahkan juga, kesuksesan dan keberhasilan pelaksanaan Pilkada, disamping ditentukan oleh kesiapan KPU sebagai penyelenggara, juga menjadi tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan termasuk elemen masyarakat. Untuk itu Wisnu Wijaya berharap seluruh pihak ikut mengawal hajatan demokrasi ini demi suksesnya Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi optimis Pilkada Serentak 2018 berjalan dengan lancar, meski dalam suasana keprihatinan terkait bencana Gunung Agung, namun pihaknya berharap suasana ini dapat disikapi dengan baik sehingga tahapan demi tahapan Pilkada dapat dilaksanakan.

Acara peluncuran yang dipandu oleh group pelawak “Celekontong Mas” juga dimeriahkan dengan penampilan yel-yel ajakan memilih  siswa SMK Negeri 3 Sukawati yang merupakan pemenang lomba yel-yel dalam acara GMSD KPU Gianyar beberapa waktu lalu.

Sebagai acara pamungkas, dilakukan penekanan tombol sirine sebagai simbol resmi peluncuran maskot dan jingle Pilkada 2018 yang dilakukan oleh Ketua KPU Provinsi Bali, Ketua KPU Gianyar, Plt. Sekda Gianyar, Bawaslu Provinsi Bali, Panwaslu Gianyar yang dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dari Ketua KPU Gianyar kepada Ketua KPU Provinsi Bali, Ketua Bawaslu Bali, Anggota FKUB Kab Gianyar, Panwaslu Kab Gianyar. 

Sebagai penutup, masyarakat disuguhi hiburan berupa penampilan dari band Nanoe Biru dan artis Bali lainnya yaitu Gek Diah 3G, Yuni Wulan, Lebri Partami. (kr)


Oleh : | 03 Desember 2017 | Dibaca : 212 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami


Skype Me™!
Skype Me™!
Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Resmi KPUD Gianyar?
Facebook
Twitter