SOP Penyusunan rancangan Keputusan di Tingkat KPU Kabupaten/Kota

  • 06 Oktober 2021
  • 19:05 WITA
berita_210710021020_SOPPenyusunanrancanganKeputusandiTingkatKPUKabupatenKota.jpeg

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gianyar mengikuti Diskusi Hukum bertemakan SOP Penyusunan rancangan Keputusan di Tingkat KPU Kabupaten/Kota yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bali, Rabu (6/10/2021) secara daring.

Selaku narasumber dalam program divisi hukum KPU se-Bali yang diberi tajuk "Forum Diskusi Kita Bicara Pemilu" yaitu anggota KPU Kabupaten Bangli, Divisi Hukum & Pengawasan Gede P. Roy Suparman. Dalam materinya, komisioner yang akrab disapa Pak Roy ini mengatakan pentingnya teamwork dalam penyusunan keputusan, dan juga SOP sebagai keharusan dalam setiap tahapan. 

Sementara itu Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Hukum dan Pengawasan, A.A. Gede raka Nakula yang menggagas acara ini menyampaikan arahannya mengenai sejumlah fungsi penting SOP. Menurutnya SOP dapat menjadi tolak ukur keberhasilan ataupun kegagalan sebuah kegiatan. Jika terjadi permasalahan, satker dapat merujuk ke SOP untuk mengetahui di mana sumbernya, sehingga SOP secara langsung dapat menilai integritas pelaksana kegiatan. SOP juga sebagai acuan, pedoman kegiatan serta dapat menjadi sarana pembantu dalam antisipasi sengketa. 

Terkait penyusunan SOP, Agung Nakula mengatakan masing-masing satker tentunya wajib menyusun sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di masing-masing daerah. 

Acara tersebut direncanakan akan digelar secara rutin setiap minggunya dengan menghadirkan narasumber dan topik yang berbeda. (Kr)

Komentar