Satukan Pemahaman Regulasi, KPU Bali Gelar Webinar Bimtek Pencalonan

  • 03 Juli 2020
  • 14:05 WITA
berita_200707020704_SatukanPemahamanRegulasi,KPUBaliGelarWebinarBimtekPencalonan.jpg

Seiring dengan bergulirnya tahapan pilkada serentak tgl 9 Desember 2020 di 6 Kabupaten/ Kota, dimana proses pengajuan bakal pasangan calon merupakan salah satu tahapan terpenting yang harus dipersiapkan dengan matang oleh KPU Kab/ Kota Penyelenggara Pilkada. Atas dasar tersebut pada hari Jumat, 3/7 KPU Provinsi Bali memfasilitasi webinar bimtek dengan tema Persiapan Pelaksanaan Tahapan Pencalonan pada Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Bimtek dihadiri oleh divisi teknis dan hukum seluruh KPU Kab/Kota se Bali.

Pemateri sekaligus sebagai narasumber pada kesempatan kali ini adalah Nur Syarifah, Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI dan dibuka oleh ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan. Dalam sambutannya, I Dewa Agung Gede Lidartawan mengharapkan dengan diselenggarakannya webinar ini KPU Kab/ Kota bisa memiliki pemahaman yang sama terhadap segala permasalahan yang dihadapi dalam tahapan pencalonan.

Sementara itu, Luh Putu Sri Widyastini selaku komisoner divisi teknis KPU Provinsi Bali, juga menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan KPU Kab/Kota agar lebih dini melakukan persiapan dan koordinasi dengan partai politik dan juga pihak terkait lainnya agar bisa mengantisipasi permasalahan yang mungkin timbul saat tahapan berjalan.

Lebih lanjut dalam pemaparannya Nur Syarifah selaku narasumber lebih menekankan pada proses pencalonan yang diusulkan oleh partai politik

sehubungan dengan tidak adanya paslon dari perseorangan yang mendaftar di Bali. Nur Syarifah mengingatkan agar KPU Kab/Kota penyelenggara pilkada serentak segera melakukan sosialisasi kepada Parpol setelah juknis tentang pencalonan diturunkan oleh KPU RI, terutama terkait persyaratan calon yang akan diusung dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam pengajuan bakal paslon.

Bimtek dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta sebelum akhirnya ditutup oleh ketua KPU Provinsi Bali. (Rei/Kr)

Komentar