PERTAJAM PENGETAHUAN PENYELENGGARA PEMILU MELALUI PERAYAAN HARI SARASWATI

  • 04 Juli 2020
  • 10:05 WITA
berita_200707020701_PERTAJAMPENGETAHUANPENYELENGGARAPEMILUMELALUIPERAYAANHARISARASWATI.jpg

Merayakan hari saraswati yang dihitung dengan kalender bali jatuh pada setiap 210 hari, tepatnya pada hari sabtu, rahina saniscara, umanis, watugunung. Hari saraswati merupakan hari yang baik untuk meningkatkan pengetahuan pada diri kita untuk menjalankan proses – proses dalam kehidupan serta bagi Penyelenggara Pemilu untuk meningkatkan pengetahuannya dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu ataupun Pemilihan, demikian disampaikan dalam Darma wacana oleh Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna, serangkaian perayaan Hari Raya Saraswati , Sabtu (4/7/2020) di Kantor KPU Kabupaten Gianyar.

Ketua KPU Gianyar yang akrab dipanggil Agus tersebut juga memaparkan makna dari rangkaian atau rentetan dari perayaan Hari Raya Saraswati. Diawali dari Hari Raya Saraswati sebagai hari lahirnya ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk menyucikan pikiran dan jiwa serta mempertajam pengetahuan, kemudian dilanjutkan pada keesokan harinya dengan upacara Banyu Pinaruh untuk melakukan pembersihan diri dengan melukat pada pemandian suci atau segara (laut), pada hari berikutnya Senin atau Rahina Soma, Wuku Sinta dilaksanakan perayaan hari suci Soma Ribek yang maknanya bahwa dengan bekal ilmu pengatahuan Umat Hindu dapat mencari dan memohon rejeki untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selanjutnya pada hari Selasa dilaksanakan pesembahyangan sebagai rasa syukur terhadap berkah dan segala anugerah yang telah dilimpahkan pada diri kita melalui persembahyangan pada hari suci Sabuh Mas, sebagai rangkaian terakhir yang jatuh pada hari Rabu , Rahina Buda, Wuku Sinta dilangsungkan perayaan Hari Pagerwesi yang mempunyai makna sebagai pembatasan dan pengendalian terhadap diri kita dari semua kekayaan yang kita miliki baik kekayaan pengetahuan maupun harta benda sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebaikan umat manusia.

Kegiatan Darma wacana dilaksanakan serangkaian persembahyangan Hari saraswati yang dilangsungkan di Padma sana Kantor KPU Gianyar. Persembahyangan diikuti oleh seluruh jajaran Komisioner dan Staf Sekretariat KPU Gianyar. (Pik)

Komentar