Cegah Conflict Of Interest, KPU Gianyar Sosialisasikan Keputusan KPU Tentang Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan

  • 04 Agustus 2020
  • 13:05 WITA
berita_200508090800_CegahConflictOfInterest,KPUGianyarSosialisasikanKeputusanKPUTentangPedomanPenangananBenturanKepentingan.jpg

Menyusul telah terbitnya Keputusan KPU  nomor 323/HK.03-Kpt/08/KPU/VII/2020 tentang Tentang Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, KPU Gianyar merasa perlu melakukan sosialisasi kepada seluruh jajarannya. Keputusan ini merupakan pedoman perilaku bagi penyelenggara negara di lingkungan Komisi Pemilihan Umum guna menciptakan budaya pelayanan publik yang dapat mengetahui, mencegah, dan mengatasi situasi benturan kepentingan secara transparan dan efisien tanpa mengurangi kinerja penyelenggara negara. 

Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 4/8/2020 dibawakan oleh  Divisi Hukum dan Pengawasan, I Wayan Mura selaku narasumber. Menurut Wayan Mura pentingnya sosialisasi Keputusan ini juga untuk mencegah terjadinya pengabaian pelayanan publik sekaligus kerugian negara. "Dengan demikian akan terwujud penegakan integritas, serta menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme" ujarnya.

Dalam keputusan 323 tersebut dijabarkan sejumlah situasi yang bisa disebut benturan kepentingan (conflict of interest ) yaitu  situasi dimana penyelenggara negara memiliki atau patut diduga memiliki kepentingan terhadap setiap penggunaan wewenang sehingga dapat mempengaruhi kualitas keputusan dan/atau tindakannya. 

Dengan adanya keputusan ini, maka KPU hingga jajaran sekretariat memiliki pedoman bagaimana menghindarkan diri agar tidak terlibat dalam situasi tersebut, dimulai dari identifikasi kemungkinan, hingga upaya penanganan sampai pemberlakuan sanksi bagi yang melanggar ketentuan. (kr)

Komentar